I. Latar Belakang
Perkembangan bisnis usaha berupa kantin kampus merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan dengan obyek pemasarannya kepada mahasiswa yang ada dalam lingkungan tersebut,karena makanan sebagai kebutuhan untuk kelangsungan hidup yang akan terus dicari. Apalagi jika makanan yang kita sajikan adalah makanan yang sehat dan diminati banyak orang terutama para mahasiswa serta memiliki keunikan serta inovasi yang berbeda satu sama lainnya.Usaha kantin kampus bila dilihat kedepannya merupakan suatu bentuk bisnis yang prospek pasanya dalam jangkauan luas yaitu para mahasiswa di kampus itu sendiri.Sebagai pemegang tunggal penyedia makanan dikampus tentunya tren bertahan bisnis makanan kantin kampus bukanlah sekedar basa-basi mengingat sebagai pemegang monopoli dalam hal bisnis makanan di lingkungan kampus meskipun tidak hanya ada satu kantin melainkan beberapa kantin.Inovasi dan pelayanan yang berbeda satu sama lain akan memberikan warna yang berbeda dalam hal memberikan suatu kepuasan tersendiri bagi para konsumen kantin makanan kampus.Kantin-kantin dikanpus pada umumnya memiliki banyak persamaan satu sama lain seperti menu makanan,harga,pelayanan maupun yang lainnya.Apabila memiliki banyak persamaan satu sama lainnya tentunya menimbulkan rasa kebosanan para konsumen karena minimnya inovasi serta keunikan tersendiri yang melekat pada kantin tersebur.Maka diperlukan sesuatu inovasi yang berbeda terutama dalam hal menu makanan agar memiliki icon tersendiri sehingga rasa bosan atau jenuh konsumen dapat diminalisir.Pelayanan dan on time juga perlu diperhatikan guna menunjang stabilitas kantin agar mampu bersain satu sama lainnya.
Ø Analysis SWOT
Strength (Kekuatan bisnis/konsep bisnis)
o Mempunyai ciri khas menu serta nama yang unik dengan kantin yang lainnya
o Rasanya sangat enak dan memiliki karakteristik tersendiri satu sama lainnya
o Harganya cukup murah ,terjangkau,pelayanan memuaskan, rapi dan bersih serta sejuk
Weaknesses (Kelemahan)
o Menu yang disajikan memiliki banyak persamaan antara kantin satu dengan yang lainnya.
o Area kantin sempit sehingga terkadang harus antri jika penuh.
o Pelayanan sebagian kantin kurang memuaskan.
Opportunities (Peluang)
o Di gemari sebagian mahasiswa sebagai tempat untuk nongkrong disamping sebagai tempat makan.
o Persaingan belum begitu banyak meskipun banyak kantin yang memiliki persamaann menu.
Threats (Ancaman)
o Harga yang naik atau tidak stabil bisa menyebabkan kenaikan.
o Menu yang hampir sama setiap hari akan menjadikan mahasiswa merasa jenuh.
Ø Saran
o Perlunya pembenahan di bagian pelayanan.
o Inovasi agar mahasiswa tidak bosan dengan menu yang ada.
o Memperbaiki area kantin agar mahasiswa tidak merasa jenuh.
o Menyediakan makanan yang sehat dan higienis.
0 komentar:
Posting Komentar