KESEMUAN MAKNA KHALIFAH SAAT INI


Ketika Adam diturunkan dimuka bumi dari Surga,Allah telah menyisipkan suatu tugas seorang manusia di dunia ini sampai nanti hari akhir dan kemudian dipertanggungjawabkan. Sebagai pengemban tugas,manusia di dituntut untuk memelihara,melestarikan,serta menjaga dunia ini untuk kehidupan bersama. Ekspetasi memelihara,melestarikan serta menjaga dalam rangka beribadah kepada Allah SWT adalah manifestasi seorang khalifah. Khalifah dalam bahasa Arab diartikan sebagai pemimpin. Dalam arti luas Khalifah adalah pemimpin yang menjaga segenap apa yang ada didunia dan memeliharanya agar tetap lestari demi kemaslahatan bersama sebagai tempat singgah.

Namun sejauh ini,apakah kita telah benar-benar menjadi seorang Khalifah di muka bumi seperti apa yang diartikan dalam Al-Qur’an?Bagaimanakah menjadi seorang khalifah yang memang untuk membawa kemaslahatan umat?Eksistensi khalifah saat ini telah mengalami pergeseran yang tidak sesuai lagi dengan Syari’at Islam. Banyak pemimpin-pemimpin kita menyalahi aturan sebagai seorang pemimpin sehingga yang terjadi adalah problematika terjadi dimana-mana. Para bos eksekutif yang duduk di singgana Senayan sana yang diusung rakyat untuk menjembatani aspirasi rakyat malah terjerat dalam kubangan korupsi. Hampir setiap saat pemberitaan media massa yang terdengar hanyalah penangkapan para tikus Senayan akibat terlibat dalam skandal korupsi.

Menjamurnya korupsi mendeskripsikan saat ini masih sulit mencari seorang khalifah yang memang mengemban tugas dengan baik serta menjaga amanah yang ditiitpkan. Degradasi moral dan rendahnya pemahaman nilai-nilai norma menjadi momok yang menciptakan para pemimpin yang serakah dan tidak taat akan perintah Allah SWT kepada para khalifah dimuka bumi ini.
Share on Google Plus

About Lovely Bangka Belitung

0 komentar:

Posting Komentar